Alat Penuang Minuman Kopi Dan Susu Secara Automatis (TE-16)

BAB I PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Perubahan teknologi berkembang begitu pesat, sehingga dibutuhkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dengan menggunakan peralatan yang ada untuk sebuah aplikasi tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat. Begitu pula dengan bidang elektronika, perkembangan teknologi pada khususnya elektronika menuntut automatisasi dalam segala hal yang dapat meringankan pekerjaan manusia dan menjadikan segalanya serba instan, praktis dan ekonomis.


Berdasarkan beberapa alasan tersebut di atas, maka penyusun mencoba untuk merancang sebuah alat untuk menuangkan cairan, dalam hal ini adalah minuman kopi dan susu yang dapat bekerja secara automatis tanpa memerlukan petugas atau operator yang bertugas untuk menuangkan dan mengambilkan air minum yang disediakan. Dalam kehidupan sehari-hari, mesin ini adapat diaplikasikan sebagai mesin penjual minuman, khususnya minuman yang berwarna, tidak transparan seperti kopi dan susu. Dengan menggunakan mesin ini penjual hanya bertugas mengisi kembali tangki penampungan apabila tangki penampungan dalam keadaan kosong.

Rancangan mesin ini dilengkapi dengan beberapa sensor ataupun tranduser yang digunakan utuk mendeteksi suhu dalam tangki atau tandon minuman, sensor level pada gelas, sensor pecahan uang logam sebagai alat pembayaran, dan sebuah decode counter untuk melakukan setting harga setiap satuan (tiap gelas) mulai dari seribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
Pos ini dipublikasikan di Teknik Elektro. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s