Perbedaan Latihan Incline Press Beban Tetap Set Meningkat Dan Beban Meningkat Set Tetap Terhadap Hasil Tolak Peluru Putra Pada Siswa Smp Negeri 10 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2005/2006 (POL-11)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Alasan Pemilihan Judul
Upaya untuk meningkatkan kinerjadalam bidang olahragasebagai sarana yang ingin  dicapai dalam pengembangan dan penbangunan olahraga di indonesia akan membutuhkanwaktu dan proses pembinaan yang lama. Usaha untuk mencapai kemampuan yang diinginkan membutuhkanperhitungan secara masak dengan suatu usaha pembinaan dan pembibitan secara dini  serta melalui pendidikan dengan ilmu pengetahuan  dan  teknologi  yang  terkait.  Pembinaan  dan  pengembangan  olahraga yang merupakan bagian upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia  diarahkan pada  peningkatan  kesehatan  jasmani, mental  dan  rohani  serta  ditujukan  pada peningkatan kesehatan jasmani dan rohani seluruhmasyarakat. Menurut Sanjoto bahwa untuk mencapaisuatu  prestasi dalam olahragamerupakan usaha benar-benar harus  diperhitungkan secara masak dengan suatu usaha pembinaan melalui suatu pembibitan secara dini, serta peningkatan melalui pendekatan ilmiah terhadapilmu- ilmu yang terkait (1995:2).
Tolak peluru adalah salah satu nomor yang terdapat dalamolahraga lempar pada  cabang  atletik. Sesuai  dengan  namanya,  maka  peluru  tidak  dilempar  tetapi ditolak atau didorong yaitu  berupadorongan dari bahu yang kuat disertai dengan gerak merentangkan lengan,pergelangan  tangan dan jari-jari yang terarah dengan tujuan agar didapat jarak tolakan yang maksimal (Jarver, 1999:112).

 

Pada tolak peluru lutut, pinggang,bahu, siku, pergelangan tanga dan sendi jari-jari  tangan,  semua harus digunakan untuk menggunakan kekuatanpaling besar pada peluru.Siswa sering melewatkan gerakansendi awal sepertigerakan lutut dan pinggang  atau  gagal   menyelesaikan   suatu  gerakan secara penuh  dengan  tidak menggunakan pergelangan tangan dan  jari-jari tangan.Kecepatan siswa pada saat menolak peluru atau kecepatanpeluru pada saat lepas, adalah faktor yang terpenting. Lebih besar kecepatan berarti lebih jauh jarak yang dicapai.Tahanan udara atau angin juga dapat mempengaruhi jarak yang ditempuh atau jarak capai peluru oleh siswa (PASI, 1993:33-36).
Di sekolah minat siswa perlu dikembangkan, sehingga siswa menjadi senang terhadap  atletik, Olahraga atletik khususnya nomor tolakpeluru diberikan kelas1 semester 2, siswa yang  berprestasi akan disenangi temen-temennya, apalagiramah, cepat dalam memecahkan  masalahmasalah, atletikmemiliki pemikiran-pemikiran yang maju (Harsono, 1986:5). Penampilan  seorang siswa dalam melakukan tolak peluru bisa dianalisa dalam sudut pandang kinesiologi atau ilmu gerak dan dari sudut pandang  biomekanika  (ilmu  yang  mempelajari  tentang  kekuatan   internal  atau eksternal  yang bekerja  dalam  tubuh  siswa  serta  akibat  yang  ditimbulkan  dari kekuatan tersebut (Rossel, 1984 :143).
Diantara  faktor  yang  terkait  dalam  cabang  olahrga  yang  ditekuni,yang terpenting untuk tolak peluru adalah kekuatan dan kecepatan,karena jika lengan tidak kuat, dia tidak mampu menolakpeluru dengan cepat. Untuk itu perlu dilatih latihan kekuatan dan kecepatan (daya ledak). Kekuatan adalah energi untuk melawan tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan (resistance) (Harsono, 1986:47).
Dengan demikian agar prestasi olahraga berhasildengan baik, sesuaiyang diharapkan,  maka harus memperhatikan beberapafaktor yang terkaitdalam cabang olahrga yang ditekuni.
Cara yang baik untuk meningkatkan kekuatandan kecepatan adalah latihan beban salah  satunya incline press. Incline press adalah salah satu bentuk latihan mengangkat  beban  (barbel)  dengan  cara tidur  di  atas  bangku  lereng  (Sanjoto, 1995:42).  Karena   incline   press   merupakan   salah   satu  bentuk   latihan   untuk mengangkat  kekuatan dan kecepatan. Hal ini sangatberalasan karena hasil tolakan yang jauh sangat ditentukan oleh kekuatan dan kecepatan lengan sehingga kekuatan dan kecepatan otot lengan sangatlah penting dalam usaha untuk mencapai hasil tolak peluru yang sejauh-jauhnya. Latihan tersebut dapatdilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan beban tetap set meningkat dan beban meningkatset tetap. Hal ini sesuai dengan pendapat Moeloek dan Artjatmo bahwa, berat latihan dapat diberikan dengan  berbagai  cara,  antara  lain  meningkatkan  frekuensi  latihan,  lama latihan, ulangan  dalam  suatu  bentuk  latihan  atau  gerakan,  berat  beban  atau  alat  yang digunakan,  kesukaran  dalam  suatu  latihan  dan  memperpendek  interval  latihan (1984:13).
Dari uraian di atas alasan-alasan pemilihan judul ini adalah :
  1. Kekuatan dan kecepatan merupakan faktor yang pentinguntuk meningkatkan hasil tolak peluru. 
  2. Latihan   incline   press   dapat   digunakan   sebagai   latihan   kekuatan   dan kecepatan.
 Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan, Pendidikan Olahraga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s