Metode Auto Regresi Dan Auto Korelasi Untuk Meramalkan Jumlah Penjualan Pakaian Di Toko Yuanita Purwodadi (PMT-6)

Toko Yuanita Purwodadi merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Tujuan  utama perusahaan adalah untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan dalam rangka memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus mempunyai perencanaan yang baik. Dalam menentukan atau membuat suatu perencanaan dibutuhkan dasar dan alasan yang kuat, berdasarkan situasi sekarang atau yang sudah terjadi.
Perubahan  suatu  kejadian  dapat  dinyatakan  dengan  perubahan  nilai variabel.  Produksi,  hasipenjualan,  biaya  produksiharga  hasil  produksi, pendapatan, umur, dan curah hujan adalah beberapa contoh nilai variabel yang selalu  berubah.  Apabila  nilavariabel  itu tetap dari  suatu waktke waktu berikutnya,  maka mudah sekali untuk membuat peramalan yang tepat sesuai kenyataan. Akan  tetapi, pada umumnya nilai suatu variabel selalu berubah. Itulah sebabnya ramalan tentang suatu nilai variabel  tidak selalu tepat sesuai kenyataan.

Toko Yuanita Purwodadi terletak di tengah-tengah pusat perbelanjaan masyarakat di kecamatan Kradenan, kecamatan Gabus, kecamatan Pulokulan, dan  kecamatan  Ngaringan.  Letak  yang  strategis  mendorong  Toko  Yuanita Purwodad untuk  menjual  barangbarang  yang  diperlukan  masyarakat  di sekitar TokoYuanitaPurwodadi.
TokYuanita  Purwodadi  adalah  toko  yanmenjual  barangbarang kebutuhan masyarakat  seperti alat kecantikan, alat tulis sekolah dan kantor serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Pakaian merupakan kebutuhan pokok masyarakat  dan Toko Yuanita   dalam memberikan pelayanan sangat ramah dan  harg barangbarang  yang  ditawarkan  sesuai  dengan  keadaan  sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya.
Dalam  keadaan  ekonomi  yang  belum  pulih  akibat  krisis  moneter seperti  saat ini Toko Yuanita  Purwodadi sudah mengalami  kemajuan  yang sanga baik.   Ha ini  bis diliha dari   baran yan dijua suda bisa menghasilka pendapatan  dan  keuntungan.  Barang  yang  dijual  di  Toko Yuanita Purwodadi  tidak semua diminati oleh masyarakat, seperti peralatan dapur dan yang paling  diminati oleh masyaraka adalah pakaian misalnya, baju, celana, T-shirt, kaos kaki.  Penulis tertarik untuk meningkatkan jumlah penjualan pakaian di Toko Yuanita Purwodadi yaitu dengan menambah variasi jenis pakaian. Untuk menentukan penambahan pakaian yang tepat, diperlukan peramalan.
Hasil peramalan jumlah penjualan merupakan data yang menunjukkan tingkat  kemampuan menjual dari Toko Yuanita Purwodadi untuk masa yang akan datang.  Hasil ramalan jumlah penjualan sangat bermanfaat sebagai dasar perencanaan. Pemilihan metode peramalan yang tepat dapat meminimumkan kesalahan  dalam meramal  (fordcast             error),  sehingga  hasil  peramalan  bisa mendekati kenyataan.
Salah satu metode peramalan yaitu Auto Regresi dan Auto Korelasi. Metode  ini  membahas  tentang  pengaruh  dan  hubungan  antara  nilai  suatu variabel yang telah terjadi pada suatu periode dan yang terjadi pada periode berikutnya. Untuk  mengetahui besarnya pengaruh suatu variabel, digunakan Auto Regresi, sedangkan  untuk mengukur kuat tidaknya hubungan variabel tersebut digunakan Auto Korelasi.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Matematika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s