KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI KEUANGAN DENGAN KINERJA USER PADA UPT PT. PLN (PERSERO) P3B REGION JAKARTA DAN BANTEN (KA-2)

Dalam era globalisasi pada saat ini persaingan bisnis dibidang jasa sudah semakin ketat, maka suatu perusahaan harus memiliki misi yang jelas untuk membawa usahanya ke arah yang lebih baik. Perubahan situasi lingkungan, kebutuhan masyarakat serta harapan para pengguna sistem informasi yang tidak menentu merupakan faktor- faktor penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Bila suatu perusahaan tersebut tidak mengikuti arus globalisasi maka perusahaan akan tertinggal jauh diantara para pesaing yang semakin kompetitif.

Pada era globalisasi saat ini, penggunaan akan kemajuan teknologi informasi digunakan sebagaisarana yang dapat membantu dalam menyediakan sumber daya informasi bagi perusahaan. Dewasa ini banyak perusahaan yang menggunakan teknologi informasi sebagai faktor penunjang kegiatandalam persaingan usaha yang semakin ketat. Dengan berbasiskan pada teknologi informasi,  perusahaan  dapat  mengelola  informasi  menjadi  lebih  bermanfaat dalam meningkatkan mutu dan menganalisa masalah yang ada, tuntutan persaingan tersebut mengakibatkan kebutuhan akan informasi dituntutuntuk menjadi lebih cepat, tepat dan akurat.
Sistem informasi keuangan yang digunakan pada PT. PLN (Persero) P3B Region Jakarta dan Banten Unit Pelayanan Transmisi Divisi Administrasi dan Keuangan yaitu sistem informasi keuangan BeFast (Budgeting and Financial Accounting System) yang mana merupakansuatu media berbasis teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk layanan akan kebutuhan informasi administrasi dan keuangan, sehingga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.
Penggunaan sistem informasi tersebut disebabkanoleh pentingnya informasi yang dibutuhkanoleh perusahaan dalam menyeragamkan laporan keuangan yang ada pada setiap UPT (Unit Pelayanan Transmisi) yang berada di bawah PLN P3B Region Jakarta dan Banten, sehingga dapat memberikan laporan keuangan yang cepat dan tepat, sistem informasi ini merupakan sebuah sistem informasi yang terbaru (update) dari sistem informasi keuangan sebelumnya.
Penggunaan sistem informasi keuangan (BeFast) telah diterapkanpada setiap UPT (Unit Pelayanan Transmisi) yang berada dibawah PLN P3B Region Jakarta dan Banten. Dimana dalam penggunaannya, setiap karyawan di latih (training)  terlebih  dahulu.  Sistem  informasi  keuangan  (BeFast)  merupakan sebuah sistem informasi keuangan, yang memberikan keluaran(output) berupa laporan harian dan laporan bulanan mengenai anggaran yang telah digunakan.
Sistem informasi keuangan (BeFast) merupakan variabel bebas dimana variabel ini mempengaruhi variabel terikat, yaitu kinerja user, dalam hal ini variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Berdasarkan tulisan diatas, kami melakukan penelitiandimana sistem informasi keuangan (BeFast) tersebut benar benar berkualitas atau tidak sehingga mempengaruhi kinerja user.
Oleh karena itu perlu diadakan suatu penelitian yang dapat mengetahui korelasi antara efektivitas sistem informasi keuangandengan kinerja user pada PT. PLN (Persero) P3B RegionJakarta dan Banten, yang dalam halini dibatasi pada user Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Divisi Administrasi dan Keuangan.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Pos ini dipublikasikan di Teknik Komputer Akuntansi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s