Sistem Informasi Peralatan Laboratorium dan Kantor serta Ruang Jurusan Teknik Elektro FT-UGM berbasis Web (IK-22)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Saat ini di Jurusan Teknik Elektro belum terdapat suatu Sistem Informasi yang terpadu tentang peralatan laboratorium dan kantor serta ruang yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Elektro. Pengelolaannya masih bersifat manual yaitu dengan menyimpan di dokumen perangkat lunak lembar kerja. Dokumen-dokumen ini disimpan di masing-masing komputer laboran atau pegawai TU yang bertanggung jawab atas data-data tersebut. Sehingga bila kita ingin melihat data-data secara keseluruhan maka kita harus mengumpulkan data-data itu dari masing-masing komputer dari si penanggung jawab. Akibatnya yang lain data-data akan rawan dari proses kerusakan data seperti dari virus, perubahan/penghapusan tidak sengaja.

Berdasarkankan fakta diatas, dipandang perlu adanya suatu basis data untuk menyimpan semua data peralatan dan ruang dari masing-masing penanggung jawab secara terpusat di sebuah komputer yang relatif aman dari proses kerusakan data. Basis Data ini juga harus mudah diakses oleh siapa saja yang membutuhkan sesuai dengan hak aksesnya.
Di Jurusan Teknik Elektro sudah terdapat beberapa komputer yang difungsikan sebagai server Internet/Intranet yang tentu saja mempunyai mekanisme pengamanan untuk menanggulangi kerusakan data yang jauh lebih baik dari komputer yang dipakai para laboran dan pegawai TU. Komputer-komputer ini bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data-data tersebut. Selain itu, infrastruktur LAN di Jurusan Teknik Elektro sudah memadai karena hampir semua kantor/laboratorium sudah terdapat komputer yang terhubung ke LAN dan server yang ada. Sebagai media penyebar informasi mengenai data-data peralatan dan ruang di server basis data kita bisa menggunakan halaman web di web browser. Web dipilih untuk digunakan karena pemakaiannya sebagai sarana pencari informasi bagi para civitas akademika Jurusan Teknik Elektro FT-UGM sudah lazim dipakai.

Untuk menampilkan data-data di server basis data pada halaman web diperlukan aplikasi web berbasis server. Aplikasi Web berbasis server tersebut, sedapat mungkin kompatibel pada infrastruktur perangkat lunak server-server Jurusan Teknik Elektro FT-UGM sehingga mudah diimplementasikan. Sistem operasi yang digunakan pada server-server yang ada di LAN Jurusan Teknik Elektro FT-UGM adalah Linux dan FreeBSD. Maka dari itu penulis memilih PHP (sebagai script pembangun aplikasi web), MySQL (sebagai server basis data) , dan Apache (sebagai server web) sebagai infrastruktur perangkat lunak pembangun Sistem Informasi Peralatan Laboratorium dan Kantor serta Ruang di Jurusan Teknik Elektro FT –UGM. Semua perangkat lunak ini kompatibel pada sistem operasi Linux/FreeBSD dan dapat diperoleh secara gratis.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Pos ini dipublikasikan di Teknik Informatika dan Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s