Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kriptografi Metoda GOST (IK-24)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sekarang ini, sering ditemukan berbagai macam perangkat lunak pembelajaran. Perangkat lunak yang penulis ingin rancang adalah mengenai kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengamanan data atau informasi, dalam kriptografi banyak ditemukan metoda-metoda kriptografi. Salah satunya adalah metoda GOST, GOST ini merupakan singkatan dari “Gosudarstvennyi Standard” atau “Government Standard”.

Algoritmanya merupakan algoritma enkripsi sederhana yang memiliki jumlah proses sebanyak 32 round dan menggunakan 64 bit block cipher dengan 256 bit key. Metoda GOST juga menggunakan 8 buah S-Box yang permanen dan operasi XOR serta Rotate Left Shift.

Penulis memilih topik perangkat lunak pembelajaran karena penulis ingin membuat bagaimana cara user (pengguna) lebih memahami serta menambah minat user terhadap pembelajaran tersebut, dengan menampilkan teori-teori serta animasi yang mendukung. Jenis perangkat lunak pembelajaran yang penulis singgung tentunya adalah pembelajaran kriptografi metoda GOST. Perangkat lunak pembelajaran ini dirancang supaya metoda GOST dapat lebih mudah dipahami baik algoritma maupun operasi-operasi yang terkandung dalam metoda GOST ini.

Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kriptografi Metoda GOST”

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini
Pos ini dipublikasikan di Teknik Informatika dan Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s