Network Monitoring System (NMS) Dengan Notifikasi Menggunakan Sms Studi Kasus Pada Divisi Noc PT Melvar Lintasnusa (IK-37)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Teknologi jaringan komputer saat ini telah berkembang pesat. Hampir semua bidang sekarang ini telah memiliki jaringan komputer, dalam mengelola jaringan komputer. Jaringan adalah sesuatu yang kompleks yang tidak pernah bisa diamati terus dengan hanya mata telanjang, diperlukan suatu sistem monitoring untuk mengetahui kondisi jaringan atau sistem yang ada. Hal ini dilakukan agar kondisi jaringan terjaga sehingga setiap gangguan dapat teratasi dengan segera.

Kata network monitoring menggambarkan bagaimana suatu sistem yang secara konstan memonitor kondisi jaringan (router, server maupuan device jaringan lainnya). Jika pada suatu sistem ada yang tidak berfungsi ataupun ada masalah pada security atau aplikasi dalam suatu sistem jaringan, maka sistem akan melakukan notifikasi kepada seorang network administrator atau system administrator melalui sistem alarm berupa email ataupun notifikasi lainnya.

Masalah datang ketika seorang network administrator ataupun system administrator tidak bisa memonitor terus menerus, melakukan monitoring didepan komputer selama 24 jam, karena harus mengerjakan pekerjaan atau kegiatan yang lainnya. Notifikasi menggunakan email ataupun sebuah alarm suara dikomputer dirasa masih kurang, karena sifatnya yang harus diam didepan komputer, akibatnya penanganan masalah yang menjadi lambat dan waktu downtime yang menjadi lama.

Notifikasi SMS adalah sebuah alternatif yang dirasa paling ideal untuk kondisi ini. Artinya ketika ada gangguan pada jaringan baik sistem yang crash, servis pada suatu server yang mati, serangan dari jaringan luar (network abuse), serangan virus ataupun masalah pada sistem keamanan jaringan lainnya, maka network monitoring system akan mengirimkan notifikasi berupa SMS kepada seorang network administrator maupun system administrator sehingga mereka dapat mengambil keputusan untuk melakukan pengecekan dengan segera. Selain itu dengan berbasiskan SMS seorang network atau system administrator bisa mengetahui kondisi atau status jaringan melalui network monitoring system ini.

Berdasarkan asumsi latar belakang diatas maka penulis mengambil judul untuk penelitian ini : “Network Monitoring System (NMS) dengan Notifikasi Menggunakan SMS (studi kasus pada divisi NOC PT. MELVAR LINTASNUSA)”. Sistem yang penulis akan bangun ini, semua menggunakan software opensource. Untuk operating system manggunakan FreeBSD yang sudah lama dikenal sebagai sistem operasi jaringan paling handal saat ini dan kannel sebagai sms gateway, serta perangkat lunak pendukung lainnya yang berbasiskan opensource juga, yang semuanya free atau gratis, sehingga meminimalisasi penggunaan software bajakan. Implementasi di lakukan di PT. Melvar Lintasnusa yang bergerak dalam bidang ISP (internet service provider) yang memiliki jaringan yang cukup luas dan jenis perangkat jaringan serta aplhkasi pada server yang beraneka ragam.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini
Pos ini dipublikasikan di Teknik Informatika dan Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s